KEBIJAKAN PRIVASI Layanan Holla,
Selamat datang di Website Offical Holla (holla.co.id).

 

Syarat dan ketentuan berlaku untuk seluruh pengunjung dan pengguna website holla.co.id dan Aplikasi Android HollaApp Dengan mengakses Website dan aplikasi Holla, Anda mengkonfirmasi pemahaman Anda tentang Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Jika Anda tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan penggunaan, Anda tidak dapat mengakses website dan aplikasi ini. Holla berhak untuk mengubah, memodifikasi, menambah, atau menghapus bagian-bagian dari Syarat dan Ketentuan penggunaan setiap saat. Perubahan akan efektif bila dimasukkan ke dalam di website ini tanpa pemberitahuan lain yang disediakan. Mohon periksa Syarat dan Ketentuan penggunaan secara teratur untuk update selanjutnya. Apabila Anda terus menggunakan Website Holla setelah adanya pengumuman perubahan pada Syarat dan Ketentuan penggunaan merupakan penerimaan Anda dari perubahan tersebut.

BAGIAN A:

PENAFSIRAN DAN RUANG LINGKUP

  1. Definisi & Penafsiran

Rujukan kepada istilah “Perjanjian” dalam Perjanjian ini meliputi Kebijakan Holla. Kecuali diartikan lain dalam Perjanjian ini, definisi dan ketentuan mengenai penafsiran sebagaimana ditetapkan dalam Kebijakan Holla akan berlaku bagi Perjanjian ini.

  1. Ruang Lingkup Perjanjian
  • Dengan tunduk pada syarat dan ketentuan Perjanjian ini, termasuk kepatuhan Penjual terhadap Kebijakan Holla, Holla setuju untuk:
  1. menampilkan Produk Penjual untuk dijual di Platform;
  2. memberikan akses kepada Penjual ke Pusat Penjual Holla; dan
  3. memberikan layanan lain kepada Penjual sebagaimana ditetapkan dalam Kebijakan Holla
  • Platform, Pusat Penjualan Holla & Layanan Holla
  1. Tampilan dan suasana: Holla berhak mengatur tampilan dan suasana (look and feel) Platform dan Pusat Penjual Holla
  2. Hak untuk melimpahkan atau men-subkontrakkan: Holla berhak melimpahkan atau men-subkontrakkan pelaksanaan kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini kepada penyedia jasa pihak ketiga atau afiliasinya berdasarkan syarat-syarat yang dianggap sesuai oleh Holla.
  3. Perubahan Platform dan/atau Pusat Penjual Holla: Penjual mengakui dan setuju bahwa Holla dapat, dari waktu ke waktu dan dengan atau tanpa pemberitahuan, mengubah, memperbaiki, menangguhkan atau menghentikan penyediaan atau menghapus, baik secara keseluruhan ataupun sebagian, Platform dan/atau Pusat Penjual Holla atau informasi, fungsi, layanan atau produk yang disediakan di Platform, dan Holla tidak bertanggung jawab kepada Penjual dengan cara apapun jika perbaikan, perubahan, penangguhan layanan tersebut kepada Penjual atau secara umum, atau penghapusan layanan kepada Penjual atau secara umum menghalangi Penjual untuk mengakses Platform dan/atau Pusat Penjual SHolla atau informasi, fungsi, layanan atau produk terkait, kecuali disepakati lain secara tertulis oleh Para Pihak atau sebagaimana diatur dalam klausula lampiran.
  • Penggunaan Platform oleh Penjual
  1. Kebijakan Holla: Penjual mengakui dan setuju bahwa Kebijakan Holla dimasukkan sebagai rujukan dan merupakan bagian dari Perjanjian ini dan Kebijakan Holla dapat diubah dan/atau diperbarui dari waktu ke waktu dan penggunaan Platform secara terus-menerus oleh Penjual dianggap sebagai persetujuan Penjual atas perubahan dan pembaruan tersebut. Dalam hal terdapat pertentangan antara versi terbaru Kebijakan Holla dan Perjanjian ini, versi terbaru Kebijakan Holla yang akan berlaku.
  • Fitur Produk untuk dijual melalui Platform
  1. Kewajiban Holla untuk menampilkan Produk: Dengan ketentuan bahwa Penjual mematuhi Perjanjian ini, Holla setuju untuk menampilkan Produk untuk dijual melalui Platform
  2. Hak Holla untuk menolak mendaftarkan Produk untuk dijual di Platform: Holla berhak menolak atau berhenti menampilkan Produk pada Platform, jika:
  • Holla menganggap bahwa Penjual gagal memenuhi atau tidak mampu memenuhi kewajiban Penjual berdasarkan Perjanjian ini atau Kontrak Pembeli; atau
  • Holla berpandangan bahwa pendaftaran atau penjualan Produk melanggar Kebijakan Holla
  • Tidak ada hubungan keagenan: Hubungan antara Penjual dan Holla yang dibentuk oleh Perjanjian ini adalah semata-mata hubungan kontraktor independen.

 

  1. Biaya-Biaya
  • Penjual mengakui dan setuju bahwa Holla akan mengenakan biaya untuk layanan tertentu yang disediakan di Platform dan Pusat Penjual Holla seperti biaya penggunaan Platform, layanan chat, dan/atau layanan lain yang dapat disediakan untuk Penjual dari waktu ke waktu (“Layanan Berbayar”) kecuali dinyatakan lain oleh Para Pihak.
  • Biaya Administrasi:

(a) Dengan menggunakan Platform, Penjual setuju untuk membayar biaya administrasi kepada Holla sesuai dengan daftar biaya yang ditetapkan dalam Kebijakan Holla atau sebagaimana disetujui secara tertulis oleh Para Pihak sesuai dengan Perjanjian ini (“Biaya Administrasi”).

(b) Penjual setuju dan mengakui bahwa Penjual akan membayar Biaya Administrasi kepada Holla dengan besaran sesuai dengan Kategori Produk yang tertera di Lampiran 2 Perjanjian ini. Biaya Administrasi yang dimaksud dalam Perjanjian ini adalah biaya administrasi dan akan dihitung sebagai berikut: Biaya Adminstrasi = (Harga original – total diskon dan voucher dari Penjual) x % biaya sesuai dengan kategori Produk Indonesia.

(c) Untuk tujuan Perjanjian ini, Kategori Produk berarti klasifikasi produk yang dijual di Platform yang semata-mata ditentukan oleh Holla (selanjutnya disebut sebagai “Kategori Produk”). Penjual harus menggunggah Produk sesuai dengan Kategori Produk. Dalam hal Penjual menempatkan Produk di Kategori Produk yang tidak tepat, Holla berhak untuk memindahkan Produk tersebut ke Kategori Produk yang tepat tanpa harus melakukan pemberitahuan sebelumnya kepada penjual .

(d) Biaya Administrasi sebagaimana tercantum di dalam Lampiran 2 Perjanjian ini dapat berubah sewaktu-waktu. Dalam hal Biaya Administrasi tersebut berubah, Holla akan memberitahukan Penjual dalam 30 hari sebelum perubahan tersebut berlaku.

  • Biaya Layanan Chat Berbayar:

(a) Holla menyediakan salah satu bentuk penawaran jasa berbayar untuk menanggapi setiap chat atau pesan yang dikirimkan oleh calon pembeli kepada toko Penjual di Platform (“Layanan Chat Berbayar”).

(b) Untuk menggunakan Layanan Chat Berbayar, Penjual wajib menandatangani Formulir Layanan Chat Berbayar dengan format yang terdapat di dalam Lampiran 3 Perjanjian ini. Dengan menandatangani Formulir Layanan Chat Berbayar, Penjual setuju untuk membayar suatu biaya yang akan dibebankan oleh Holla kepada Penjual untuk setiap Layanan Chat Berbayar yang menghasilkan Pesanan Bersih sesuai dengan ketentuan yang tercantum di dalam Formulir Layanan Chat Berbayar (“Biaya Layanan Chat Berbayar”).

(c) Formulir Layanan Chat Berbayar adalah satu bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian ini.

  • Pajak Barang dan Jasa/Pajak Pertambahan Nilai: Biaya Administrasi atas belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Holla akan memungut PPN sebesar 10% (sepuluh persen) dari Biaya Jasa yang ditagihkan dengan menerbitkan faktur pajak kepada Penjual sesuai dengan ketentuan yang belaku.
  • Penjual mengakui dan setuju bahwa Holla dapat memotong biaya dan bebannya untuk Layanan Berbayar dan pajak-pajak yang berlaku dari Uang Pembelian.
  • Penjual mengakui dan setuju bahwa Holla dapat sewaktu-waktu membebankan biaya penalti kepada Penjual dalam hal Penjual memiliki tunggakan Biaya Administrasi kepada Holla, atau biaya-biaya lain yang dibebankan kepada Penjual atas layanan yang diberikan oleh Holla kepada Penjual, termasuk namun tidak terbatas pada layanan pemasaran, back margin, dan layanan lainnya (apabila ada) (“Biaya Penalti”). Jumlah Biaya Penalti akan diberitahukan oleh Holla melalui suatu media komunikasi yang dapat ditentukan oleh Holla, termasuk namun tidak terbatas pada push notification, komunikasi telepon, atau surat pemberitahuan tertulis yang dapat disampaikan melalui pos ke alamat Penjual atau surat elektronik ke alamat e-mail
  • Dalam hal Penjual dikenakan Biaya Penalti, Holla akan mengirimkan pemberitahuan kepada Penjual sesuai dengan ketentuan di dalam Pasal 3.6 Penjual wajib menyelesaikan pembayaran dalam jangka waktu yang disebutkan oleh Holla pada pemberitahuan terkait tagihan yang dikirimkan oleh Holla kepada Penjual.

 

BAGIAN B: PENJUALAN SECARA DARING/ONLINE DAN PENYEDIAAN BARANG

  1. Dasar Kontrak Pembeli
  • Untuk dijual sebagai Produk Penjual: Penjual setuju dan menegaskan bahwa Produk akan selalu ditawarkan untuk dijual, dipasarkan dan/atau didistribusikan sebagai produk Penjual dan Penjual harus mengambil semua langkah yang diperlukan dan/atau tindakan pencegahan untuk memastikan bahwa Produk tersebut tidak disalahartikan atau disalahpahami sebagai produk Holla.
  • Tidak ada kontrak antara Holla dan Pembeli: Untuk menghindari keragu-raguan, setiap perjanjian yang dibuat untuk penjualan Produk kepada seorang Pembeli merupakan suatu perjanjian yang dibuat secara langsung dan hanya antara Penjual dan Pembeli. Dalam keadaan apapun Holla tidak diwajibkan berdasarkan transaksi antara Penjual dan Pembeli, untuk membuat kontrak apapun untuk penjualan dan pembelian Produk dengan seorang Pembeli.
  • Toko Flagship dan Toko Resmi: Penjual sepakat bahwa (sebagaimana sesuai):
  1. Toko Penjual yang pertama kali didaftarkan di Platform akan disebut sebagai Toko Flagship.

Untuk tujuan Perjanjian ini, “Toko Flagship” berarti toko pertama Penjual yang didaftarkan di Platform yang merupakan pusat dari distribusi Produk yang akan dijual oleh Penjual kepada Pembeli melalui Platform.

  1. Dalam hal Penjual melakukan ekspansi usaha dan membuka toko di daerah lain selain di daerah dimana Toko Flagship berada, Penjual dimungkinkan untuk mendaftarkan toko tersebut sebagai Toko Resmi.

Untuk tujuan Perjanjian ini, “Toko Resmi” adalah toko yang dimiliki dan/atau dikelola oleh Penjual yang berada di daerah lain selain daerah dimana Toko Flagship berada yang memiliki hak yang diberikan oleh undang-undang yang berlaku di Republik Indonesia untuk menjual Produk.

  1. Penjual dapat mengaktifkan Toko Resmi di Platform dengan cara memberikan dokumen yang dipersyaratkan oleh Holla secara terpisah. Holla akan mengkaji dokumen tersebut dan Penjual wajib untuk memberikan setiap dokumen tambahan yang diminta oleh Holla.
  2. Apabila Penjual memutuskan untuk tidak lagi mengaktifkan Toko Resmi di Platform, Penjual wajib mengirimkan pemberitahuan terlebih dahulu selambat-lambatnya enam puluh (60) hari kalender sebelum penutupan Toko Resmi hendak dilakukan.
  3. Penjual memahami dan mengakui bahwa hal-hal yang disepakati oleh Penjual dan mengikat Penjual di dalam Perjanjian ini akan secara otomatis mengikat dan disepakati oleh Toko Resmi.

 

  1. Reservasi Hak Holla
  • Hak untuk menolak menerima: Holla berhak untuk memblokir atau memutus Pesanan Pembeli, jika:
  1. Pembeli yang bersangkutan meminta pengiriman Produk ke alamat surat menyurat atau alamat pengiriman yang berada di luar wilayah yang dicakup oleh Platform;
  2. Pesanan Pembeli tidak memenuhi persyaratan operasional dan/atau Kebijakan Holla; atau
  3. Holla dilarang memproses setiap Pesanan Pembeli dengan alasan undang-undang, aturan, peraturan, penetapan pemerintah atau putusan pengadilan yang berlaku (termasuk apabila terkait dengan Hak Kekayaan Intelektual Penjual).

 

  1. Kontrak Pembeli dan Pembayaran kepada Penjual
  • Penerimaan Pesanan Pembeli: Pesanan Pembeli dianggap diterima oleh Penjual setelah pemesanan dilakukan.
  • Rincian Pesanan Pembeli: Penjual akan diberitahukan rincian yang berkaitan dengan Produk dan Pembeli bersangkutan melalui Platform dan/atau Pusat Penjual Holla.
  • Kontrak Pembeli: Semua perjanjian yang dibuat antara Penjual dan seorang Pembeli berdasarkan suatu Pesanan Pembeli, untuk pembelian oleh Pembeli atas Produk yang terdaftar untuk dijual oleh Penjual pada Platform (masing-masing perjanjian tersebut disebut sebagai “Kontrak Pembeli”) harus dibuat sesuai dengan Kebijakan Holla.
  • Penagihan pembayaran: Berdasarkan Kebijakan Holla, Holla atau agen resmi atau afiliasinya dengan ini diberi kewenangan untuk menagih pembayaran dari Pembeli atas nama Penjual.
  • Pembayaran kepada Penjual: Dengan bergantung pada perpanjangan Masa Garansi Holla sebagaimana diizinkan berdasarkan Kebijakan Holla, Holla harus membayar Uang Pembelian kepada Penjual dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari setelah berakhirnya Masa Garansi Holla yang berlaku.

 

BAGIAN C: PEMENUHAN KONTRAK PEMBELI

  1. Yang harus ditaati oleh Penjual

Penjual harus mentaati Kontrak Pembeli sesuai dengan ketentuan dalam Bagian C Perjanjian ini.

 

  1. Inventarisasi Produk
  • Identitas dan Harga yang Ditunjukkan Kepada Pembeli/Listing Price: Penjual harus menyebutkan identitas, deskripsi produk, garansi produk yang berlaku, Harga Produk yang Ditunjukkan Kepada Pembeli dan informasi lain yang diperlukan sesuai dengan Kebijakan Holla. Penjual harus menyerahkan daftar Produk kepada Holla berikut rincian yang diminta oleh Holla melalui Platform, sesuai dengan Kebijakan Holla. Penjual harus secara berkala memperbarui daftar Produk tersebut beserta rinciannya melalui Platform sesuai dengan Kebijakan Holla.
  • Waktu pendaftaran Produk: Produk dianggap telah didaftarkan pada Platform setelah Holla mempublikasikan rincian yang berkaitan dengan Produk.
  • Ketersediaan barang: Penjual harus memastikan bahwa jumlah persediaan Produk yang diserahkan oleh Penjual kepada Holla sesuai dengan Pasal 8.1 di atas diserahkan dan tersedia untuk dijual melalui Platform dengan cara sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 6 di atas

 

  1. Kemasan
  • Proses pengemasan: Penjual bertanggung jawab atas keseluruhan proses pengemasan dan akan menanggung semua biaya sehubungan dengan proses pengemasan.

 

  1. Pengiriman dan Pengembalian Uang
  • Garansi Holla
    1. Penerimaan Penjual terhadap program Garansi Holla: Penjual setuju bahwa Holla dapat memegang uang yang dibayar oleh Pembeli kepada Holla untuk Pesanan Pembeli (“Uang Pembelian”) sampai dengan Pembeli memberikan konfirmasi kepada Holla untuk menyerahkan Uang Pembelian kepada Penjual sesuai dengan ketentuan di dalam Kebijakan Holla. Untuk menghindari keragu-raguan, dalam hal terjadi perselisihan antara Penjual dan Pembeli mengenai Produk, Holla mungkin, berdasarkan kebijakannya sendiri dapat memutuskan untuk mengembalikan Uang Pembelian kepada Pembeli atau terus memegang Uang Pembelian sampai perselisihan tersebut telah terselesaikan tanpa adanya kewajiban apapun terhadap Penjual atau Pembeli.
    2. Kewajiban Penjual untuk menyampaikan Informasi kepada Pembeli: Dalam hal terjadi keterlambatan atau terdapat faktor yang mungkin mempengaruhi pengiriman Produk kepada Pembeli selama Masa Garansi Holla, Penjual harus segera memberitahukan hal tersebut kepada Pembeli secara tertulis melalui Platform. Pembeli dapat memilih untuk membatalkan Pesanan Pembeli atau memperpanjang Masa Garansi Holla setelah menerima pemberitahuan tersebut.
  • Kewajiban Penjual: Penjual dengan ini mengakui dan menerima tanggung jawab dan kewajiban penuh atas setiap dan segala Kerugian yang timbul dari atau sehubungan dengan pelanggaran Pasal 10 ini oleh Penjual dan/atau ketidakmampuan Penjual untuk melaksanakan Kontrak Pembeli.

 

  1. Layanan Pembeli
  • Kecuali dinyatakan secara tegas dalam Perjanjian ini, dalam kondisi apapun Holla tidak bertanggung jawab atas layanan purna jual, pengiriman tagihan atau penagihan pembayaran, layanan Pembeli dan pertanyaan, bantuan penjualan atau bantuan teknis, jasa pemeliharaan dan/atau kewajiban atau layanan lain yang berkaitan atau sehubungan dengan Produk yang dijual atau ditawarkan untuk dijual oleh Penjual melalui Platform.

 

  1. Pengembalian
  • Pengembalian yang disetujui: Penjual harus menyetujui pengembalian dan/atau pengembalian uang pembelian Produk selama Pembeli yang bersangkutan mematuhi Kebijakan Holla, dalam hal terjadi peristiwa sebagai berikut:
  1. Dikirimnya Produk yang cacat kepada Pembeli;
  2. Dikirimnya Produk yang rusak kepada Pembeli;
  3. Dikirimnya Produk yang tidak tepat kepada Pembeli; atau
  4. (dalam yurisdiksi yang berlaku) Pembeli memutuskan untuk mengembalikan Produk dalam kerangka waktu yang diberikan kepada konsumen sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan

 

  1. Kegagalan untuk Melaksanakan Kontrak Pembeli
  • Jika Penjual melakukan pelanggaran atau menunda pelaksanaan kewajibannya berdasarkan ketentuan manapun pada Bagian C, Holla berhak untuk mengambil semua langkah yang diperlukan, termasuk mengakhiri Perjanjian ini dan/atau mengembalikan Uang Pembelian kepada Pembeli.

 

Bagian D : Ketentuan Umum

  1. Informasi dan Data Pribadi Pembeli
    • Informasi Pembeli: Holla memegang kepemilikan dan kendali tunggal atas seluruh data penjualan dan data lain yang diperoleh oleh atau atas nama Holla dari Pembeli sehubungan dengan Produk atau Platform (“Informasi Pembeli”). Untuk kepentingan Perjanjian ini, seluruh Informasi Pembeli dianggap sebagai Informasi Rahasia Holla.
    • Larangan pengungkapan Informasi Pembeli: Penjual tidak diperbolehkan mengungkapkan Informasi Pembeli kepada pihak ketiga manapun tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Holla.
    • Pemusnahan Informasi Pembeli: Setelah pengakhiran Perjanjian ini, Penjual akan segera memusnahkan setiap Informasi Pembeli yang telah dikumpulkan oleh Penjual.
    • Pengumpulan dan Perlindungan Data Pribadi: Untuk menghindari keragu-raguan, Penjual menyatakan, menjamin dan berjanji bahwa Penjual akan mengumpulkan, mengungkapkan, menggunakan dan memproses data pribadi hanya untuk kepentingan Perjanjian ini. Penjual tidak akan mengalihkan data pribadi apapun tanpa izin tertulis sebelumnya dari Holla. Dalam hal izin tersebut diberikan, Penjual akan memberikan tingkat perlindungan yang memadai untuk setiap data pribadi yang dialihkan tersebut sesuai dengan undang-undang perlindungan data yang berlaku, Kebijakan Holla terkait dan semua perintah wajar yang diberikan oleh Holla, dengan biaya dan beban Penjual. Penjual bertanggung jawab atas pengumpulan, pengungkapan, penggunaan, pemrosesan atau kehilangan data pribadi olehnya, sub-kontraktornya atau karyawan penyedia layanan, dan berjanji untuk mengganti kerugian yang diderita oleh Holla dan membebaskan Holla dari dan terhadap setiap kerugian atas pelanggaran kewajibannya berdasarkan Pasal 14 ini atau kesalahan atau kelalaian dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban ini. Seluruh biaya dan pengeluaran yang dikeluarkan oleh Penjual, sub-kontraktornya atau karyawan penyedia layanan untuk memungkinkan dipatuhinya persyaratan Pasal 14 ini akan ditanggung oleh Penjual

 

  1. Jaminan
  • Wewenang untuk menawarkan: Penjual memberikan jaminan kepada Holla bahwa Penjual memiliki hak dan/atau kewenangan penuh untuk menawarkan seluruh Produk yang ditampilkan atau terdaftar di Platform untuk dijual.
  • Jaminan terkait dengan Produk: Penjual memberikan jaminan kepada Holla bahwa semua Produk yang terdaftar untuk dijual oleh Penjual di Platform, baik yang diproduksi, dibuat, atau yang dihasilkan atau disediakan oleh Penjual atau ketiga pihak, akan:
  1. benar-benar sesuai dengan setiap dan seluruh jaminan produk (termasuk jaminan sebagaimana dinyatakan oleh Penjual melalui Platform), spesifikasi, gambar, sampel, kriteria performa, dan deskripsi lain yang diberikan oleh Penjual via Platform;
  2. dapat diperdagangkan dan memiliki kualitas yang memuaskan; dan
  3. sesuai dengan undang-undang, aturan, peraturan, kitab undang-undang dan ordonansi yang berlaku.
  • Akibat pelanggaran terhadap jaminan yang berkaitan dengan Produk: Dalam hal Penjual melanggar Pasal 15.2 di atas dan tidak dapat memenuhi Kontrak Pembeli, Holla berhak untuk memberitahu Pembeli bersangkutan. Penjual dengan ini mengakui dan menerima tanggung jawab dan kewajiban penuh atas setiap dan segala Kerugian yang timbul dari atau sehubungan dengan pelanggaran Pasal 15.2 yang dilakukan oleh Penjual dan/atau ketidakmampuannya untuk melaksanakan Kontrak Pembeli.
  • Jaminan terkait Hak Kekayaan Intelektual: Penjual memberi jaminan kepada Holla, bahwa:
  1. tidak ada pembatasan pada pendaftaran Produk di Platform oleh Holla sesuai dengan Perjanjian ini, dan bahwa pendaftaran tersebut tidak akan, dengan cara apapun bertentangan dengan undang-undang atau peraturan yang berlaku dari negara manapun, atau melanggar atau menyalahi hak-hak kepemilikan, termasuk hak Kekayaan Intelektual pihak ketiga manapun;
  2. tampilan atau pendaftaran Produk Holla di Platform, pengiklanan dan pemasaran Produk melalui saluran atau media, dan penggunaan Materi Penjual sehubungan dengan pemasaran, promosi dan pengiklanan produk (baik di Platform atau di tempat lain manapun) tidak dan tidak akan melanggar hak, termasuk hak Kekayaan intelektual pihak ketiga manapun, baik secara langsung maupun tidak langsung;
  3. Materi Penjual harus pantas dan sesuai dengan tujuan penggunaan oleh Holla sehubungan dengan pemasaran, promosi dan pengiklanan Produk (baik di Platform atau di tempat lain manapun) dan tidak mengandung fitnah atau materi yang bertentangan dengan undang-undang atau peraturan yang berlaku, serta utuh, akurat dan terpercaya;
  4. Penjual harus segera memberitahu Holla atas kekeliruan dalam Materi Penjual yang diketahui oleh Penjual, dan mengenai setiap koreksi dan pembaruan yang dibuat oleh Penjual terhadap Materi Penjual tersebut, dan Penjual akan memperbaiki kekeliruan dalam Materi Penjual tersebut yang diberitahukan oleh Holla kepada Penjual;
  5. Penjual memegang seluruh hak dan kepemilikan atau merupakan pengguna berlisensi atas seluruh Hak Kekayaan Intelektual terkait dengan Produk dan penyediaan Produk, dan berwenang untuk memberikan dan dengan ini memberikan kepada Holla ijin yang tidak dapat ditarik kembali, non-eksklusif dan bebas royalti untuk menggunakan seluruh Hak Kekayaan intelektual tersebut untuk kepentingan pengiklanan, pemasaran, promosi dan menampilkan produk di Platform atau melalui media atau saluran lainnya yang diselenggarakan berdasarkan ketentuan Perjanjian ini. Holla menyatakan bahwa Holla tidak akan memperoleh hak apapun sehubungan dengan Hak Kekayaan Intelektual terkait dengan Produk dan bahwa seluruh hak dan kepemilikan tersebut adalah dan akan tetap berada pada Penjual atau penerima lisensinya (mana yang sesuai dengan keadaan)
  6. Penjual menyatakan dan menjamin kepada Holla bahwa Penjual tidak mengetahui adanya klaim yang dibuat oleh pihak ketiga manapun yang berkaitan dengan dugaan atau pelanggaran nyata terhadap Hak Kekayaan Intelektual atau klaim, tuntutan atau tindakan lain sehubungan dengan pembuatan, penjualan, distribusi atau penggunaan Produk.
  • Jaminan-jaminan lain: Penjual lebih lanjut menjamin dan menyatakan bahwa:
  1. penandatanganan Perjanjian ini dan Kontrak Pembeli serta pelaksanaannya telah disahkan dan merupakan perjanjian yang sah dan mengikat Penjual, dapat ditegakkan terhadap Penjual sesuai dengan ketentuan Perjanjian dan Kontrak Pembeli;
  2. seluruh informasi yang diberikan kepada Holla atau disediakan oleh Penjual melalui Platform kepada Pembeli yang berkaitan dengan Produk adalah akurat, valid dan terbaru;
  3. seluruh izin, penyampingan, persetujuan, otorisasi, pengecualian, pendaftaran, lisensi atau pernyataan dari atau yang diajukan kepada otoritas atau pihak dalam kontrak yang wajib dibuat atau diperoleh Penjual sehubungan dengan penandatanganan Perjanjian ini dan Kontrak Pembeli serta pelaksanaannya, telah diperoleh secara patut;
  4. penandatanganan, penyerahan dan pelaksanaan Perjanjian ini dan Kontrak Pembeli oleh Penjual tidak akan melanggar atau bertentangan dalam hal yang material dengan undang-undang, aturan, peraturan, kitab undang-undang, ordonansi, putusan, perintah, surat perintah, putusan, dekrit atau ketentuan pengadilan/mahkamah atau badan atau lembaga pemerintah lainnya yang berlaku terhadap Penjual dan/atau penjualan Produk; dan
  5. Penjual telah memperoleh seluruh izin, penyampingan, persetujuan, otorisasi, pengecualian, pendaftaran, lisensi dan/atau pernyataan yang diperlukan bagi Holla untuk memasarkan, mengiklankan, menampilkan atau memasukkan Produk dalam daftar di Platform.

 

  1. Pembatasan Tanggung Jawab & Ketiadaan Jaminan
  • Pembatasan tanggung jawab: tanggung jawab Holla kepada Penjual atas setiap dan segala Kerugian yang timbul dari atau sehubungan dengan Perjanjian ini, tidak akan melebihi biaya dan beban yang diterimanya dari Penjual dalam waktu 12 bulan sebelum peristiwa yang menimbulkan tanggung jawab tersebut. Dalam hal apapun Holla tidak bertanggung jawab atas kerugian tidak langsung, insidental, khusus, hukuman atau konsekuensial, termasuk kerugian atas penggunaan, kehilangan keuntungan atau gangguan usaha, yang disebabkan oleh apapun atau berdasarkan teori tanggung jawab.
  • Risiko yang berkaitan dengan penggunaan Internet: Holla tidak menjamin keamanan setiap informasi yang dikirim oleh Penjual atau kepada Penjual melalui Platform, dan Penjual menerima risiko bahwa setiap informasi yang dikirimkan atau diterima melalui Platform dapat diakses oleh pihak ketiga yang tidak berwenang dan/atau diungkapkan oleh Holla kepada pihak ketiga yang mengaku sebagai Penjual atau yang mengaku bertindak berdasarkan kuasa dari Penjual. Pengiriman melalui Internet dan surat elektronik mungkin terkena gangguan, penghentian pengiriman, penundaan yang disebabkan oleh lalu lintas internet atau pengiriman data yang tidak tepat yang disebabkan oleh sifat keumuman Internet.
  • Kepatuhan Pembeli terhadap ketentuan: Holla tidak bertanggung jawab untuk menjamin bahwa Pembeli akan memenuhi atau telah memenuhi syarat dan ketentuan Kontrak Pembeli, baik sepenuhnya maupun sebagian. Penjual dengan ini berjanji untuk tidak melakukan tindakan hukum apapun terhadap Holla atau afiliasinya, serta direktur, pejabat, karyawan, kontraktor atau agen Holla dan afiliasinya sehubungan dengan Pesanan Pembeli atau Kontrak Pembeli, dan dengan ini menyampingkan setiap hak yang mereka miliki, jika ada, untuk memulai tindakan apapun terhadap Holla (kecuali sehubungan dengan klaim yang timbul secara langsung akibat kelalaian atau kesengajaan Holla, atau akibat kerusakan yang disebabkan oleh pengiriman Produk yang diatur oleh Holla). Hanya kecuali jika terkait dengan kewajiban Holla sebagaimana diatur secara tegas dalam Perjanjian ini, Penjual menyatakan bahwa Holla dibebaskan dan dilepaskan dari kewajiban lain apapun sehubungan dengan penawaran dan/atau penjualan dan pembelian Produk melalui Platform.
  • Otentikasi Pembeli: Penjual mengakui dan setuju bahwa otentikasi pengguna di Internet umumnya sulit untuk dibuktikan, dan Penjual dengan ini menerima risiko bahwa aktivitas daring/online mungkin saja dipengaruhi oleh kecurangan atau kegiatan penipuan (termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli yang bertindak berdasarkan kepura-puraan palsu). Holla tidak dapat dan tidak: (i) menjamin dan/atau mengkonfirmasi identitas yang diakui oleh masing-masing Pembeli; (ii) menjamin bahwa Pembeli tidak menyalahgunakan sandi, nomor identifikasi pribadi atau nomor identifikasi untuk log masuk atau kode lain yang diberikan kepada mereka oleh Holla, atau bahwa Pembeli telah memenuhi syarat dan ketentuan untuk mengakses Platform dan Pusat Penjual Holla, baik sepenuhnya maupun sebagian (jika ada) atau syarat dan ketentuan lain yang berlaku, (iii) Holla tidak bertanggung jawab dalam hal terjadi perselisihan atau klaim yang menyangkut atau berkaitan dengan identitas Pembeli

 

  1. Keadaan Memaksa
  • Holla tidak bertanggung jawab: Holla tidak bertanggung jawab kepada Penjual atau dianggap melanggar Perjanjian ini dalam hal terjadi keterlambatan dalam melaksanakan atau kegagalan untuk melaksanakan kewajiban jika keterlambatan atau kegagalan tersebut disebabkan oleh suatu peristiwa atau penyebab di luar kendali Holla atau subkontraktornya. Tanpa mengurangi keumuman ketentuan sebelumnya, peristiwa berikut ini harus diperhitungkan sebagai penyebab di luar kendali wajar Holla atau subkontraktornya:
  1. bencana (act of God), ledakan, banjir, badai, kebakaran atau kecelakaan;
  2. perang atau ancaman perang, sabotase, pemberontakan, kerusuhan atau tuntutan, tindakan terorisme atau kerusuhan sipil;
  3. aksi, pembatasan, peraturan, aturan internal, larangan atau tindakan apapun oleh pihak pemerintah, parlemen atau otoritas setempat;
  4. peraturan impor atau ekspor atau embargo;
  5. gangguan lalu lintas, pemogokan, penutupan atau tindakan industrial lainnya atau sengketa perdagangan (baik yang melibatkan karyawan Holla atau karyawan pihak ketiga);
  6. epidemi yang diumumkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia;
  7. gangguan produksi atau operasional, kesulitan dalam memperoleh bahan baku, tenaga kerja, bahan bakar atau mesin; dan
  8. masalah listrik atau kerusakan mesin
  • Akibat keadaan memaksa: Pada saat terjadinya salah satu peristiwa sebagaimana disebutkan dalam Pasal 17.1 di atas, dengan opsi yang dimilikinya, Holla dapat menunda pengiriman/pelaksanaan, baik seluruhnya maupun sebagian, selama berlangsungnya peristiwa atau keadaan tersebut. Jika salah satu peristiwa sebagaimana disebutkan dalam Pasal 17.1 di atas terus berlangsung selama lebih dari satu bulan, Holla dapat segera mengakhiri Perjanjian ini setelah menyampaikan pemberitahuan kepada Penjual.

 

  1. Pengakhiran Perjanjian
  • Jangka Waktu Perjanjian: Perjanjian ini berlaku terhitung sejak Tanggal Berlaku sampai dengan diakhiri berdasarkan pasal 18 Perjanjian ini.
  • Pengakhiran Perjanjian tanpa sebab: Holla atau Penjual dapat mengakhiri Perjanjian ini tanpa sebab setelah menyampaikan pemberitahuan tertulis 10 (sepuluh) Hari Kerja sebelumnya kepada Penjual.
  • Pengakhiran Perjanjian karena suatu sebab: Pada atau setiap saat setelah terjadinya salah satu peristiwa sebagaimana disebutkan dalam Pasal 18.4 di bawah ini, selain hak atau upaya yang mungkin dimilikinya menurut hukum dan asas keadilan atau berdasarkan Perjanjian ini, Holla berhak untuk mengakhiri Perjanjian ini dengan Penjual dengan segera, dengan menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Penjual atau dengan menghentikan akun Penjual di Platform. Penggunaan hak oleh Holla untuk mengakhiri Perjanjian ini sebagaimana diatur dalam syarat dan ketentuan Perjanjian ini tidak memberikan hak kepada Penjual atas biaya, kerugian, klaim atas biaya atau kehilangan keuntungan, atau upaya lain menurut hukum dan asas keadilan sehubungan dengan pengakhiran tersebut.
  • Peristiwa yang menyebabkan pengakhiran:
  1. Penjual melanggar jaminan atau pernyataan yang dibuat berdasarkan Perjanjian ini;
  2. Penjual melanggar kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini, termasuk Kebijakan Holla, dan gagal untuk melakukan upaya perbaikan atas pelanggaran tersebut dalam waktu lima (5) hari setelah diterimanya pemberitahuan tertulis dari Holla mengenai pelanggaran tersebut;
  3. Penjual mengambil keputusan untuk menutup (winding up) perusahaannya atau pengadilan pada yurisdiksi yang berwenang membuat putusan mengenai penutupan atau pembubaran perusahaan Penjual;
  4. dibuatnya keputusan pailit terkait dengan Penjual atau penunjukan kurator dan/atau pengelola atas, atau pemegang jaminan yang mengambil alih kepemilikan atas, atau penjualan aset Penjual;
  5. Penjual membuat kesepakatan atau perdamaian secara umum dengan para krediturnya, atau mengajukan perlindungan kepada Pengadilan yang berwenang dari para krediturnya tersebut;
  6. Penjual menghentikan atau mengancam untuk menghentikan kegiatan usahanya; atau
  7. Holla secara wajar melihat bahwa salah satu peristiwa sebagaimana disebutkan di atas akan terjadi terkait dengan Penjual dan karenanya segera memberitahukan hal tersebut kepada Penjual.
  • Akibat Pengakhiran Perjanjian
  1. Setelah menerima pemberitahuan pengakhiran Perjanjian ini, Penjual akan segera memberitahu Holla mengenai seluruh Kontrak Pembeli yang dibuat dengan Pembeli yang belum sepenuhnya dilaksanakan, dan wajib melaksanakan Kontrak Pembeli tersebut secara maksimal dan sesuai dengan syarat dan ketentuan Perjanjian ini, kecuali diberitahukan lain oleh Holla secara tertulis.
  2. Pada saat diakhirinya Perjanjian ini karena alasan apapun:
  3. Seluruh biaya atau pembayaran yang tertunggak, baik yang sudah atau belum ditagihkan oleh Holla menjadi terutang dan harus segera dibayarkan oleh Penjual; dan
  4. Holla berhak untuk segera menutup akses Penjual ke Platform dan/atau Pusat Penjual Holla, atau menghentikan penggunaan Materi Penjual pada Platform serta selanjutnya berhenti menerima setiap dan semua Pesanan Pembeli yang ditujukan kepada Penjual
  • Ketentuan yang tetap berlaku: Pasal 14, 15, 16, 18, 19, 20, 21, 24, 25 akan tetap berlaku walaupun Perjanjian ini diakhiri.
  • Mengesampingkan Pasal 1266 dari KUHPER: Untuk pengakhiran perjanjian ini, Para Pihak setuju untuk menyampingkan Pasal 1266 dari Kitab Undang-Undang Hukum Perdata atau KUHPER.

 

  1. Hak Kekayaan Intelektual
  • Hak Kekayaan Intelektual Holla: Setiap dan seluruh Hak Kekayaan Intelektual diwujudkan dalam dan pada:
  1. Platform, Pusat Penjual Holla, Holla atau afiliasinya;
  2. seluruh dokumen, desain, materi, spesifikasi, keahlian, informasi alur kerja, metodologi, model bisnis Holla; dan
  3. setiap karya yang dihasilkan atau dibuat oleh Holla untuk tujuan pelaksanaan Perjanjian ini,

(seluruh Hak Kekayaan Intelektual tersebut di atas secara bersama-sama disebut sebagai “HAKI Holla”) merupakan milik Holla secara eksklusif dan Penjual tidak akan, selama atau setiap saat setelah selesainya, berakhirnya jangka waktu atau pengakhiran Perjanjian ini mempertanyakan atau memperselisihkan kepemilikan tersebut. Penjual mengakui dan menegaskan bahwa Penjual tidak menguasai hak, lisensi, kepemilikan atau manfaat lain dalam atau atas HAKI Holla dan hanya memiliki lisensi terbatas, non eksklusif, dan yang dapat ditarik kembali untuk menggunakan hak-hak tersebut untuk tujuan memenuhi kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini selama jangka waktu Perjanjian ini.

  • Penjual tidak akan menggunakan: Penjual setuju untuk tidak menggunakan, mengeksploitasi secara komersial, mengungkapkan, memasarkan, menjual atau mendistribusikan materi atau produk yang mengandung HAKI Holla atau bagian darinya, kecuali secara khusus diizinkan, dan dengan ketentuan bahwa penggunaan tersebut adalah semata-mata untuk tujuan memenuhi kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini selama jangka waktu Perjanjian ini, dan dengan tunduk pada syarat dan ketentuan Perjanjian ini.
  • Materi Penjual: dengan mempertimbangkan kewajiban yang disanggupi untuk dilaksanakan oleh Holla dalam Perjanjian ini, Penjual memberikan hak dan ijin yang tidak dapat ditarik kembali, non-eksklusif, dapat disub-lisensikan dan bebas royalti kepada Holla untuk menggunakan Materi Penjual dalam pemasaran, promosi dan distribusi Produk di mana saja di seluruh dunia, termasuk hak dan ijin untuk menggunakan Materi Penjual dalam kegiatan pemasaran dan/atau promosi terkait Produk pada Platform atau media atau saluran pemasaran atau pengiklanan lain yang dipilih oleh Holla.
  • Tidak ada klaim pihak ketiga: Penjual menyatakan dan menjamin kepada Holla bahwa Penjual tidak mengetahui adanya klaim yang diajukan oleh pihak ketiga manapun yang berkaitan dengan dugaan atau pelanggaran nyata terhadap Hak Kekayaan Intelektual atau klaim, tuntutan atau tindakan lain sehubungan dengan pembuatan, penjualan, distribusi atau penggunaan Produk.

 

  1. Kerahasiaan
  • Informasi Rahasia: Penjual harus merahasiakan Informasi Rahasia dan setuju bahwa Informasi Rahasia tersebut hanya akan digunakan semata-mata untuk tujuan pembicaraan dan kesepakatan mengenai kewajiban-kewajiban dalam Perjanjian ini, dan tidak akan mengungkapkan Informasi Rahasia tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung, kepada pihak ketiga manapun tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Holla. Penjual tidak akan membocorkan Informasi Rahasia kepada orang lain (kecuali kepada karyawannya sendiri dan hanya kepada karyawan yang memerlukan Informasi Rahasia tersebut) tanpa izin tertulis sebelumnya dari Holla. Penjual tidak akan menggunakan Informasi Rahasia kecuali untuk tujuan melaksanakan kewajiban atau menggunakan haknya berdasarkan Perjanjian ini. Penjual harus memastikan bahwa karyawannya mengetahui dan mematuhi ketentuan Pasal 20.1 ini. Berdasarkan permintaan, Penjual akan mengembalikan kepada Holla setiap Informasi Rahasia yang pernah diberikan sehubungan dengan Perjanjian ini. Menyimpang dari ketentuan lain dalam Perjanjian ini, Holla dapat mengungkap ketentuan-ketentuan Perjanjian ini kepada pengacara pribadi, auditor, perusahaan asuransi, dan akuntannya.
  • Larangan publikasi: Penjual tidak akan mempublikasikan, mengungkapkan, atau mendiskusikan keberadaan, isi, atau ruang lingkup Perjanjian ini, baik secara umum maupun rinci, atau merujuk kepada Holla atau usahanya kepada pihak ketiga manapun dengan cara apapun, dan melalui media apapun (termasuk namun tidak terbatas pada iklan, referensi situs web, foto, artikel, siaran pers atau wawancara, pidato atau program) tanpa memperoleh izin tertulis sebelumnya dari Holla.

 

  1. Penggantian Kerugian
  • Penggantian Kerugian: Tanpa menyampingkan setiap ganti rugi, hak atau upaya perbaikan lain yang dimiliki oleh Holla berdasarkan Perjanjian ini, Penjual akan mengganti kerugian, memperjuangkan dan membebaskan Indemnitees Holla dari dan terhadap setiap dan segala Kerugian yang mungkin dialami, diajukan, dibuat atau dinyatakan terhadap atau diderita atau dikeluarkan oleh Indemnitees Holla dan yang timbul (baik langsung maupun tidak langsung) dari, selama atau dalam kaitannya dengan salah satu dari hal-hal berikut ini:
  1. tindakan, klaim atau tuntutan yang diajukan atau diancam untuk diajukan terhadap Indemnitees Holla, yang menyatakan atau didasarkan pada klaim bahwa Produk, Materi Penjual dan penggunaan atau kepemilikan Produk atau penjualan, penawaran penjualan, pengiklanan, distribusi dan/atau pemasaran Produk oleh Holla sehubungan dengan Perjanjian ini melanggar hak Kekayaan Intelektual dan/atau hak-hak lain yang dimiliki oleh pihak ketiga (“Klaim HAKI”);
  2. cacat pada Produk yang dijual kepada Pembeli;
  3. klaim yang dibuat oleh Pembeli atas dasar Kontrak Pembeli atau perjanjian lain yang dibuat dengan Penjual;
  4. Kerugian yang timbul akibat pengembalian Produk yang termasuk dalam Pasal 12.1.1 sampai 12.1.4 di atas;
  5. Kerugian yang timbul atau diduga timbul akibat pelanggaran, dugaan pelanggaran, atau kegagalan untuk mematuhi Perjanjian ini dan/atau Kebijakan Holla oleh Penjual atau orang lain kepada siapa Penjual mungkin bertanggung jawab;
  6. kelalaian atau kealpaan atau kesengajaan, kesalahan atau penipuan atau perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Penjual atau afiliasi, direktur, pejabat, karyawan, agen, pegawai atau kontraktor independennya;
  7. pelanggaran terhadap jaminan atau pernyataan yang dibuat dalam Perjanjian ini;
  8. pelanggaran, keterlambatan atau kegagalan Penjual dalam melaksanakan ketentuan Perjanjian ini dan/atau Kebijakan Holla, termasuk namun tidak terbatas pada kegagalan atau keterlambatan Penjual untuk memperoleh hak, otorisasi dan izin yang diperlukan untuk menggunakan hak-hak yang diberikan kepada Holla berdasarkan Perjanjian ini dan/atau Kebijakan Holla; atau
  9. klaim yang diajukan oleh pihak ketiga terhadap Indemnitees Holla yang timbul akibat keadaan sebagaimana disebutkan dalam Pasal 21.1.
  • Tanpa mengurangi keumuman dari ketentuan-ketentuan sebelumnya, Holla berhak untuk secara terpisah menunjuk penasehat hukumnya sendiri dan mencari nasihat hukum dan perwakilan, dengan biaya dan beban Penjual dan ikut serta dalam memperjuangkan klaim yang dapat diganti rugi berdasarkan Perjanjian ini, termasuk namun tidak terbatas pada Klaim HAKI. Penjual harus menyediakan segala informasi, kerjasama dan bantuan yang dibutuhkan oleh Holla dalam memperjuangkan atau mengurus klaim tersebut, dan seluruh jumlah, kerugian, biaya dan keuntungan keuangan atau kompensasi lain (termasuk jumlah penyelesaian) yang dipulihkan oleh Holla dalam proses tersebut merupakan keuntungan tunggal Holla.
  • Asuransi: Jika diwajibkan oleh undang-undang, Penjual akan mengasuransikan kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini dan Kontrak Pembeli, dan atas permintaan Holla akan segera menyerahkan salinan polis asuransi tersebut kepada Holla.

 

  1. Kepatuhan
  • Kepatuhan terhadap hukum: Dalam melaksanakan kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini atau Kontrak Pembeli, Penjual akan mematuhi seluruh undang-undang, pakta, ordonansi, kitab undang-undang dan peraturan yang berlaku, dan khususnya undang-undang, ordonansi, kitab undang-undang dan peraturan mengenai perlindungan data pribadi, impor dan ekspor, dan kesehatan, keselamatan dan lingkungan yang berlaku di yurisdiksi manapun (baik internasional, negara, wilayah, negara bagian, provinsi, kota, atau daerah) di mana Perjanjian ini dilaksanakan. Atas permintaan tertulis dari Holla, Penjual akan menyerahkan pernyataan tertulis mengenai kepatuhan yang diwajibkan oleh negara federal, negara bagian, atau hukum, ordonansi, kitab undang-undang, atau peraturan setempat.

 

  1. Pengalihan
  • Larangan pengalihan oleh Penjual: Penjual tidak dapat mengalihkan, memindahkan, menovasi atau dengan cara lain membagikan hak dan kewajibannya dan Perjanjian ini atau Kontrak Pembeli, atau bagian dari Perjanjian ini, atau pembayaran yang terutang berdasarkan Perjanjian ini, tanpa izin tertulis sebelumnya dari Holla. Jika izin tersebut diberikan, pengalihan oleh Penjual tersebut tidak akan menambah atau mengubah kewajiban Holla atau mengurangi hak Holla, atau membebaskan Penjual dari kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini atau Kontrak Pembeli.
  • Pengalihan oleh Holla: Perjanjian ini beserta seluruh hak dan kewajiban Holla berdasarkan Perjanjian ini dapat dialihkan, dipindahkan, dinovasi atau dibagi oleh Holla kepada pihak lain yang ditunjuk oleh Holla tanpa izin atau persetujuan dari Penjual namun dengan pemberitahuan kepada Penjual, dan akan berlaku bagi kepentingan penerus hak dan penerima pengalihan Penjual. Penjual berjanji untuk melakukan segala hal dan menandatangani semua dokumen yang diperlukan untuk memfasilitasi pengalihan, pemindahan, novasi atau pembagian tersebut.
  • Pemberitahuan perubahan: Penjual akan segera menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Holla mengenai perubahan kepemilikan atau organisasi, dan perubahan dalam pembuatan atau produksi Produk sebagaimana diatur dalam Perjanjian ini.

 

  1. Pemberitahuan
  • Pemberitahuan kepada pihak lainnya: setiap pemberitahuan, permintaan atau komunikasi lain yang disampaikan berdasarkan Perjanjian ini harus dibuat secara tertulis dan harus disampaikan secara langsung atau dikirimkan melalui surat tercatat, faksimili atau surat elektronik kepada pihak lainnya ke alamat, nomor faksimili atau alamat surat elektronik pihak lain tersebut sebagaimana tercantum dalam halaman tanda tangan.
  • Waktu penerimaan
  1. Surat elektronik: Setiap surat elektronik yang dikirimkan oleh Holla dianggap telah diterima oleh Penjual pada saat dikirimkan. Surat elektronik yang dikirimkan oleh Penjual dianggap telah diterima oleh Holla setelah Penjual menerima pemberitahuan dari Holla yang mengkonfirmasikan penerimaan surat elektronik tersebut.
  2. Cara lain: Setiap pemberitahuan, permintaan atau komunikasi lain yang dikirimkan oleh satu pihak dianggap telah diterima oleh pihak lainnya jika:
  • disampaikan secara langsung, pada saat pengiriman;
  • dikirim melalui pos, dan tidak dikembalikan ke pengirim dengan status tidak terkirim, tujuh hari setelah tanggal diposkan; atau

 

  1. Ketentuan Umum
  • Bantuan yang diberikan kepada Holla: Penjual akan menggunakan upaya terbaiknya untuk memberikan informasi dan/atau bantuan sebagaimana diminta oleh Holla, untuk pelaksanaan layanan Holla atau kewajiban lainnya berdasarkan Perjanjian ini.
  • Hak kumulatif dan upaya perbaikan: Kecuali jika secara tegas disepakati oleh Para Pihak atau diatur dalam Perjanjian ini, ketentuan-ketentuan Perjanjian ini serta hak dan upaya perbaikan Para Pihak berdasarkan Perjanjian ini bersifat kumulatif dan tanpa mengurangi atau menambahi hak atau upaya perbaikan yang mungkin dimiliki oleh suatu pihak menurut hukum atau asas keadilan, dan penggunaan hak atau upaya perbaikan berdasarkan Perjanjian ini, atau menurut hukum atau asas keadilan (kecuali sepanjang, jika ada, diatur secara tegas dalam Perjanjian ini atau dalam menurut hukum atau asas keadilan) berlaku sehingga menghambat atau mencegah penggunaan hak atau upaya perbaikan suatu pihak menurut hukum atau asas keadilan.
  • Tidak ada penyampingan: Kegagalan Holla untuk menggunakan atau menegakkan hak yang diberikan kepadanya oleh Perjanjian ini tidak akan dianggap sebagai penyampingan atas hak tersebut atau berlaku untuk menghalangi penggunaan atau penegakan hak tersebut pada setiap saat berikutnya. Penyampingan hak yang timbul akibat pelanggaran atau tidak dilaksanakannya Perjanjian ini atau yang timbul karena wanprestasi berdasarkan Perjanjian ini harus dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani oleh pihak yang memberikan penyampingan tersebut. Suatu pihak tidak berhak untuk bergantung pada keterlambatan dalam penggunaan atau tidak digunakannya suatu hak yang timbul akibat pelanggaran atau tidak dilaksanakannya Perjanjian ini atau atas wanprestasi berdasarkan Perjanjian ini sebagai penyampingan hak tersebut. Pernyataan tegas mengenai hak Holla dalam Perjanjian ini dibuat tanpa mengurangi hak lain yang dimiliki oleh Holla yang dinyatakan secara tegas dalam Perjanjian ini atau timbul menurut hukum.
  • Keterpisahan: Jika sewaktu-waktu salah satu ketentuan dalam Perjanjian ini akan atau menjadi ilegal, tidak sah atau tidak dapat diberlakukan dalam hal apapun, legalitas, keabsahan dan keberlakuan ketentuan lain dalam Perjanjian ini tidak akan terpengaruh atau terganggu karenanya, dan ketentuan lain tersebut akan terus berlaku seakan-akan ketentuan yang ilegal, tidak sah atau tidak dapat diberlakukan tersebut dipisahkan dari Perjanjian ini.
  • Hak pihak ketiga: Seseorang atau badan yang bukan merupakan pihak dalam Perjanjian ini tidak memiliki hak, terlepas dari apakah orang atau badan tersebut telah dikenali berdasarkan namanya sebagai anggota kelas atau memenuhi deskripsi tertentu. Untuk menghindari keragu-raguan, tidak ada ketentuan dalam Pasal 25.5 ini yang akan mempengaruhi hak-hak penerima pengalihan atau penerima pemindahan Perjanjian ini.
  • Penyelesaian Perselisihan: Perjanjian ini diatur oleh, dan ditafsirkan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia. Dalam hal terjadi perselisihan, sengketa, klaim atau perbedaan apapun yang mungkin timbul antara Para Pihak sehubungan dengan Perjanjian ini, termasuk pelanggaran, pengakhiran atau keabsahan Perjanjian ini, atau sehubungan dengan penentuan setiap hal yang tunduk pada penetapan tujuan berdasarkan Perjanjian ini (“Perselisihan”), Perselisihan mana telah menjadi pokok permasalahan dalam pemberitahuan tertulis oleh salah satu Pihak kepada Pihak yang lainnya (“Pemberitahuan Perselisihan”), Para Pihak akan, dalam jangka waktu tiga puluh (30) hari setelah penerimaan pemberitahuan dari (1) Pihak lainnya mengenai adanya Perselisihan, untuk menyelesaikan Perselisihan tersebut di tingkat pertama melalui musyawarah antara manajemen senior masing-masing Pihak. Jika Perselisihan tersebut tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam waktu tiga puluh (30) hari, Perselisihan tersebut akan diserahkan kepada dan diselesaikan melalui arbitrase yang diselenggarakan oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang didirikan pada 30 November 1977 berdasarkan Keputusan Kamar Dagang Indonesia No. SKEP/152/DPH/1977 di Indonesia sesuai dengan Peraturan Arbitrase dari Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang berlaku saat ini, aturan mana dianggap dimasukkan sebagai rujukan dalam pasal ini. Akan ada tiga (3) orang arbiter dan bahasa yang digunakan dalam arbitrase adalah bahasa Indonesia.
  • Perubahan/Amandemen terhadap Perjanjian: Holla dapat, dengan menyampaikan pemberitahuan melalui Platform atau dengan menggunakan metode pemberitahuan lain yang ditetapkan oleh Holla (termasuk pemberitahuan melalui surat elektronik), mengubah syarat dan ketentuan Perjanjian ini, perubahan mana akan mulai berlaku pada tanggal yang ditetapkan oleh Holla. Jika Penjual terus menggunakan Platform setelah tanggal tersebut, Penjual dianggap telah menyetujui perubahan tersebut. Jika Penjual tidak menerima perubahan tersebut, Penjual harus berhenti mengakses atau menggunakan Platform dan/atau Pusat Penjual Holla dan mengakhiri Perjanjian ini.
  • Perbaikan kesalahan: Setiap kesalahan cetak, kesalahan ketik atau kesalahan lain atau kelalaian pencantuman dalam persetujuan, tagihan atau dokumen lain di pihak Holla dapat dikoreksi tanpa tanggung jawab apapun di pihak Holla.
  • Penandatanganan Perjanjian Secara Counterpart: Perjanjian ini dapat ditandatangani dalam satu atau lebih salinan yang terpisah, dan dapat disampaikan dalam bentuk PDF atau melalui faksimili, yang kesemua salinan tersebut secara bersama-sama merupakan perjanjian yang satu dan sama, dan tiap-tiap salinan tersebut dinyatakan sebagai asli.
  • Bahasa: Perjanjian ini akan ditanda tangani dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dalam hal terjadi konflik atau inkonsistensi antara versi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, versi Bahasa Indonesia dari Perjanjian ini yang akan mengatur dan harus didahulukan daripada versi Bahasa Inggris.
  • Keseluruhan Perjanjian: Perjanjian ini merupakan keseluruhan perjanjian antara Pihak yang terkait dengan pokok Perjanjian ini serta sepenuhnya menghapus dan menggantikan semua pemahaman, komunikasi dan kesepakatan sebelumnya dari Para Pihak sehubungan dengan pokok Perjanjian ini.